Apa yang Harus Diperhatikan Saat Anda Berinvestasi dalam Bisnis

Untuk melindungi rahasia dagang bisnis, model bisnis, dan informasi sensitif lainnya, pengacara bisnis dapat menyarankan klien untuk memasukkan perjanjian non-persaingan dan non-pengungkapan dengan cara yang masuk akal untuk kebutuhan khusus bisnis. Perjanjian non-persaingan dan perjanjian non-pengungkapan (NDA) sering kali dapat menciptakan kemitraan yang lebih aman dan tepercaya antara profesional bisnis dan karyawan atau mitra bisnis mereka. Hal ini terutama penting ketika mencoba menentukan apakah hubungan bisnis atau hubungan kerja tertentu merupakan kepentingan terbaik kedua belah pihak.

Membuat perjanjian non-persaingan dapat melindungi bisnis dan membantu membangun kepercayaan dan keamanan antara dua pihak: pemberi kerja dan karyawan. Perjanjian pengacara hukum bisnis non-persaingan sering menyatakan bahwa, jika hubungan kerja berakhir, mantan karyawan tidak akan memasuki atau memulai bisnis atau profesi serupa dalam persaingan dengan mantan majikannya. Perjanjian non-persaingan harus menyatakan ruang lingkup yang spesifik dan wajar dari pembatasan tersebut, kerangka waktu untuk pembatasan, dan wilayah geografis di mana pembatasan berlaku.

Motivasi di balik meminta seorang karyawan untuk menandatangani perjanjian semacam itu bukan untuk menghalangi kemajuannya di dunia bisnis; alih-alih, perjanjian non-persaingan dapat membantu memperjelas apa yang dipertukarkan antara majikan dan karyawan.

Dari sudut pandang pemilik bisnis, tidak bersaing adalah cara perusahaan untuk mengatakan, “Saya benar-benar ingin mempekerjakan Anda, dan saya percaya bahwa kita akan memiliki masa depan yang indah bersama. Ketika saya mempekerjakan Anda, saya akan mengungkapkan informasi berharga tentang produk kami. , layanan, klien, rahasia dagang, informasi kepemilikan dan/atau rahasia, model bisnis, dan banyak lagi. Informasi ini adalah sesuatu yang perusahaan kami telah bekerja keras, dan menginvestasikan Law Firm Jakarta sumber daya yang signifikan, untuk dikembangkan. Jadi sebagai imbalan atas pekerjaan Anda di perusahaan saya, saya saya akan meminta untuk jangka waktu tertentu, agar Anda tidak menggunakan informasi yang Anda peroleh saat bekerja dengan perusahaan kami untuk memulai bisnis Anda sendiri atau bekerja untuk bisnis lain yang bersaing langsung dengan kami.”

Perjanjian non-persaingan harus ditulis dengan baik dengan bahasa yang jelas dan spesifik. Hubungi pengacara hukum bisnis untuk mendiskusikan kapan perjanjian non-persaingan sesuai, bahasa apa yang harus disertakan dan mengapa.

Untuk lebih memastikan keamanan bisnis, bisnis yang ingin melindungi informasi sensitif harus sangat mempertimbangkan untuk menerapkan perjanjian non-disclosure (NDA). Perjanjian kerahasiaan adalah kontrak antara dua pihak atau lebih di mana pihak-pihak tertentu akan diberikan informasi atau pengetahuan khusus (seringkali informasi kepemilikan atau rahasia, rahasia dagang, strategi bisnis, dan lainnya) yang tidak ingin diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkannya. akan dibagi dengan pihak ketiga.

Perjanjian kerahasiaan sering dibuat oleh bisnis yang terpisah, atau oleh mitra dari bisnis yang sama. Perjanjian kerahasiaan, mungkin penting untuk mengamankan kepercayaan dalam hubungan baru antara bisnis. Seringkali, satu bisnis sedang mempertimbangkan untuk bermitra dengan bisnis lain, tetapi untuk memeriksa hubungan potensial, satu bisnis harus mengungkapkan informasi berharga tentang rencananya, strategi bisnis, produk, layanan, atau lainnya. Perjanjian kerahasiaan dapat mengamankan kepercayaan dan kepercayaan di antara para pihak dan memungkinkan mereka untuk mendiskusikan detail lengkap dari hubungan potensial.

Ketika dua atau lebih mitra berbagi kepemilikan bisnis, menyusun perjanjian kerahasiaan dapat membantu menjaga kepercayaan di antara mitra tersebut. Jika tidak ada perjanjian kerahasiaan dan kemitraan menjadi kacau atau kepemilikan bisnis berpindah tangan, rahasia bisnis dan informasi rahasia atau hak milik mungkin tidak terlindungi. Konsekuensi terhadap bisnis bisa sangat menghancurkan. Mantan mitra mungkin berbagi informasi sensitif dengan bisnis pesaing atau menggunakan informasi tersebut dengan cara yang merusak bisnis yang tidak terlindungi. Untuk menghindari konsekuensi seperti itu, konsultasikan dengan pengacara perancang kontrak bisnis pengacara perancang kontrak bisnis yang dapat memberi saran kepada Anda tentang cara membangun kepercayaan di antara mitra dan melindungi informasi perusahaan yang paling berharga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.